Minggu, 10 Juni 2012

Mengapa Lautan Asin Rasanya?

Sekali-kali kita menjumpai kenyataan tentang bumi kita yang membingungkan kita dan belum ada jawabannya. Kenyataan itu adalah keberadaan garam di lautan. Bagaimana garam dapat berada di sana?


Jawabannya adalah bahwa kita tidak mengetahui bagaimana garam masuk ke dalam lautan! Tentu saja kita memang mengetahui bahwa garam adalah zat yang dapat larut dalam air, dan oleh karena itu masuk ke dalam laut bersama air hujan. Garam di permukaan bumi terus-menerus dilarutkan dan mengalir ke dalam laut.
Tetapi kita tidak mengetahui apakah hal ini menyebabkan sangat besarnya jumlah garam yang terdapat di laut. Jika semua lautan dikeringkan, akan terdapat cukup banyak garam yang dapat digunakan untuk membangun sebuah dinding yang tingginya 180 mil dan tebalnya 1 mil. Dinding tersebut dapat mengelilingi dunia di garis Katulistiwa! Atau dengan perkataan lain, garam batu yang diperoleh jika semua lautan dikeringkan akan menjadi satu bagian besar kira-kira 15 kali dari seluruh benua Eropa!
Garam yang biasa yang kita gunakan dihasilkan dari air laut atau air danau air asin, dair mata air-mata air asin, dan dari endapan-endapan garam batu. Konsentrasi garam dalam air laut berkisar dari kira-kira tiga sampai tiga setengah persen. Laut-laut tertutup, seperti Laut Mediterania dan Laut Merah, mengandung lebih banyak garam dalam airnya dari pada laut-laut terbuka. Laut Mati, yang meliputi daerah seluas kira-kira 340 mil persegi, mengandung kira-kira 11.600.000.000 ton garam!
Rata-rata, satu galon air laut yang mengandung kira-kira satu perempat pon garam. Dasar-dasar garam batu yang terbentuk di berbagai bagian dunia pada mulanya terbentuk akibat penguapan air laut jutaan tahun yang lalu. Karena untuk membentuk garam batu diperlukan kira-kira sembilan per sepuluh dari volume air yang diuapkan, orang-orang berpendapat bahwa dasar-dasar garam batu yang tebal yang ditemukan diendapkan di dalam apa yang dahulu merupakan bagian dari laut-laut tertutup. Laut-laut ini menguap lebih cepat dari pada air tawar yang masuk, sehingga endapan-endapan garam batu pun terbentuk.
Kebanyakan garam komersial diperoleh dari garam batu. Cara yang lazim digunakan adalah membor sumur-sumur sampai ke dasar-dasar yang mengandung gara. Air murni dipompakan melalui sebuah pipa. Air akan melarutkan garam dan garam itu didesak keluar melalui pipa yang lain sampai ke permukaan.

Apa yang Menyebab Timbulnya Bayangan?


Bayangkan seorang pengembaran di padang pasir, yang sedang sekarat karena kehausan. Ia memandang ke kejauhan dan melihat suatu bayangan sebuah danau yang mempunyai air yang jernih dikelilingi oleh pohon-pohon. Ia berjalan terhuyung-huyung sampai bayangan itu menghilang dan tidak ada sesuatu pun selain pasir yang panas di sekitarnya.


Danau yang ia lihat dikejauhan adalah bayangan. Apa yang menyebabkannya? Bayangan adalah suatu tipuan yang dimainkan oleh Alam di depan mata kita akibat dari keadaan-keadaan tertentu di udara. Pertama-tama kita harus memahami bahwa kita dapat melihat suatu obyek karena sinar-sinar dipantulkan dari obyek itu ke mata kita. Biasanya sinar-sinar ini mencapai mata kita dalam garis lurus. Jadi jika kita memandang kekejauhan, kita hanya melihat hal-hal yang ada di atas cakrawala kita.
Sekarang kita beralih kepada tipuan-tipuan yang dimainkan udara dengan sinar-sinar. Di padang pasir, ada suatu lapisan udara yang tebal di atas tanah yang bertindak sebagai cermin. Suatu obyek ini mengenai lapisan udara yang padat ini, sinar-sinar itu dipantulkan ke mata kita dan kita melihat obyek itu seolah-olah berada di atas cakrawaka dab terlihat oleh kita. Sebenarnya kita "melihat" benda-benda yang tidak dapat dilihat oleh mata kita! Ketika langit yang jauh dipantulkan oleh "cermin" udara ini, langit kadang-kadang tampak seperti sebuah danau, dan kita melihat bayangan.
Pada suatu hari yang panas, pada waktu kamu mendekati puncak sebuah bukit, mungkin kamu akan berpikir bahwa jalan di depannya itu basah. Ini juga bayangan! Yang kamu lihat adalah cahaya dari langit yang telah dibengkokkan oleh udara panas tepat di atas trotoar sehingga hal ini tampaknya berasal dari jalan itu sendiri.
Bayangan juga terjadi di laut, dengan bayangan-bayangan kapal-kapal yang sedang berlayar melintasi langit! Dalam hal ini, ada udara dingin dekat air dan udara panas diatasnya. Kapal-kapal yang jauh, yang berada jauh di cakrawala, dapat dilihat karena gelombang-gelombang cahanya yang berasal dari kapal-kapal itu dipantulkan oleh lapisan udara yang panas dan kita melihat kapal itu di langit!
Salah satu dari bayangan-bayangan yang sangat termashur di dunia terjadi di Sisilia, di sepanjang Selat Messina. Kota Messina dipantulkan di langit, dan lembu-lembu khayal tampak mengapung di udara. Orang-orang Italia menyebutnya Fata Morgana, menurut nama Morgam Le Fay, yang dianggap sebagai peri jahat yang menyebabkan bayangan ini.

Asmirandah – Aku Jatuh Hati Single (2012)

Artis : Asmirandah
Judul : Aku Jatuh Hati
Album : Single (2012)
Asmirandah+%25E2%2580%2593+Aku+Jatuh+Hati Asmirandah – Aku Jatuh Hati Single (2012)
Download mp3 Asmirandah – Aku Jatuh Hati Single (2012) klik pada link download mp3 dibawah ini:

Download Mp3 Asmirandah – Aku Jatuh Hati Single (2012) » via 4shared

Apa yang Menyebabkan Bunga-bunga Berbau Harum dan Berwarna?


Anehnya, kira sering memperhatikan suatu tumbuhan dan mengagumi "bunga-bunganya" ketika kita sebenarnya tidak memperhatikan bunga-bunga itu sama sekali! Jika kita menganggap bunga sebagai sesuatu yang mempunyai warna cerah yang tumbuh pada sebuah pohon, kita mungkin salah.

Misalnya, "daun-daun bunga dari "kumpulan bunga" dogwood yang berkembang di musim semi bukanlah daun-daun bunga sama sekali. Demikian juga pelepah daun yang berwarna putih pada tumbuhan 'caklas' bukanlah bunga. Kumpulan bunga Poinsetia adalah contoh lain dari daun-daun yabng berwarna dan bukannya bunga-bunga yangs sesungguhnya.
Sebaliknya, berkas-berkas yang berjanggut pada ujung-ujung rumput sebenarnya adalah bunga! Telinga jagung yang tidak masak sebenarnya adalah bunga. Menurut ahli botani, bunga adalah sekelompok bagian-bagian yang fungsinya adalah menghasilkan serbuk sari atau biji atau keduanya. Hanya tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan biji yang mempunyai bunga. Dan hanya bagian-bagian tumbuhan yang berhubungan erat dengan pembentukan dan produksi biki yang dapat dianggap sebagai bagian-bagian dari bunga.

Apa yang menyebabkan bunga-bunga berbau harum? Sekuntum bunga mempunyai keharuman jika daun-daun bunganya mengandung minyak-minyak murni tertentu. Minyak-minyak ini dihasilkan oleh tumbuhan sebagai bagian dari proses pertumbuhannya. Minyak-minyak murni ini adalah zat-zat yang sangat kompleks. Dalam keadaan-keadaan tertentu zat yang kompleks ini dirusak atau membusuk dan terbentuk menjadi mintak yang mudah menguap, yang berarti mintak itu dapat menguap lebih mudah. Jika hal ini terjadi, kita dapat mencium keharuman bunga itu.

Jenis keharuman khusus yang dihasilkan oleh bunga bergantung pada zat-zat kimia yang terdapat di dalam minyak yang mudah menguap itu dan kombinasi yang berbeda-beda pula. Minyak yang sama tidak hanya terdapat di dalam bunga-bunga tumbuh-tumbuhan tetapis sering kali juga terdapat di dalam daun-daun, kulit kayu, akar, dan bibit. Misalnya, jeruk dan jeruk limun mempunyai minyak yang mudah menguap di dalam buahnya, almond di dalam bibitnya, kayu manis di dalam kulit kayu, dan seterusnya.

Apa yang menyebabkan bunga berwarna? "Anthocyanin" adalah nama untuk pigmen-pigmen yang memberi warna merah, lembayung muda, ungu, dan violet. Pigmen-pigmen ini terlarut di dalam getah sel-sel bunga. Warna-warna lain seperti kuning, orange, dan hijau, adalah akibat dari pigmen-pigmen lain. Zat-zat ini termasuk klorofil, karotin, dan sebagainya. Tidak ada hubungan kimia di antara zat-zat itu.

Jadi kita dapat menghubungkan warna-warna dalam bunga-bunga dengan pigmen-pigmen yang dinamakan "anthocyanin" dan dengan pigmen-pigmen lain yang dinamakan "plastid." Kelompok anthocyanin memberikan kisaran warna-warna tertentu dan kelompok plastid memberikan warna-warna sisanya.

Zivilia – Ai No Akashi Single (2012)

Artis : Zivilia
Judul : Ai No Akashi
Album : Single (2012)
zivilia aishiteru 2 Zivilia   Ai No Akashi Single (2012)
Download mp3 Zivilia – Ai No Akashi Single (2012) klik pada link download mp3 dibawah ini:
Download Mp3 Zivilia – Ai No Akashi Single (2012) » via 4shared

Bondan Prakoso & Fade 2 Black – Pelita Hidup

Artis : Bondan Prakoso & Fade 2 Black
Judul : Pelita Hidup
Album : Respect & Unity For All (2012)
Bondan+Prakoso+&+Fade+2+Black+Album+Respect+&+Unity+For+All Bondan Prakoso & Fade 2 Black   Pelita Hidup
Download mp3 Bondan Prakoso & Fade 2 Black Pelita Hidup klik pada link download dibawah ini:

trans Bondan Prakoso & Fade 2 Black   Pelita Hiduptrans Bondan Prakoso & Fade 2 Black   Pelita Hidup

Mobil Mini Bikin Rio Febrian Terhindar Macet

Lalu lintas di Jakarta, yang sering padat dan kerap kali macet, membuat penyanyi Rio Febrian memilih mobil dengan bodi mungil dan ramping. Pilihannya jatuh pada produk kebanggaan Jerman, Mercedes-Benz Smart.

Dengan mobil Smart, solois yang mulai berkarir dari ajang pencari bakat ini lebih percaya diri menghadapi kemacetan di Ibukota. Mobil ini bergerak lincah dan cepat berakselerasi.

"Jadi, kalau pergi sendiri, lebih suka pakai mobil Smart. Bisa selap-selip dan tidak terlalu kena macet," kata pelantun lagu Jenuh itu kepada VIVAnews, Kamis 7 Juni 2012.

Jika bosan dengan mobil mungil, namun tetap ingin terhindar dari kemacetan, penyanyi kelahiran Jakarta 25 Februari ini akan menggunakan sepeda motor.
"Saya juga suka pakai motor, biasanya Vespa dan Ducati. Tapi lebih suka dan sering pakai Vespa," kata Rio.

Untuk berpergian bersama keluarga, Rio mengandalkan mobil keluaran Jepang, Nissan Elgrand. "Kalau sama keluarga lebih nyaman pakai Elgrand," tambahnya.

Asal Usul Sang Merah Putih


Warna merah-putih telah digunakan sejak zaman Kerajaan Majapahit sebagai bendera atau lambing. Sebenarnya tidak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai bendera merah putih sebagai lambang kebesaran. Sebelum Majapahit, kerajaan Kediri telah memakai panji-panji merah putih. Selain itu, bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih sebagai warna benderanya , bergambar pedang kembar warna putih dengan dasar merah menyala dan putih. Warna merah dan putih ini adalah bendera perang Sisingamangaraja XII. Dua pedang kembar melambangkan piso gaja dompak, pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII. Di zaman kerajaan Bugis Bone,Sulawesi Selatan sebelum Arung Palakka, bendera Merah Putih, adalah simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan Bone.Bendera Bone itu dikenal dengan nama Woromporang
 Ketika terjadi Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830, di tengah-tengah pasukan Diponegoro yang beribu-ribu juga terlihat kibaran bendera merah-putih. Demikian juga di lereng-lereng gunung dan desa-desa yang dikuasai Pangeran Diponegoro, banyak terlihat kibaran bendera merah-putih.
Ketika terjadi perang di Aceh, pejuang – pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih, di bagian belakang diaplikasikan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Al Quran.
Pada abad ke-20 perjuangan bangsa Indonesia makin terarah dan menyadari akan adanya persatuan dan kesatuan perjuangan menentang kekuatan asing, kesadaran berbangsa dan bernegara mulai menyatu dengan timbulnya gerakan kebangsaan Boedi Oetomo pada 1908 sebagai salah satu tonggak sejarah.
 Kemudian pada tahun 1922 di Yogyakarta berdiri sebuah perguruan nasional Taman Siswa di bawah pimpinan Suwardi Suryaningrat. Perguruan itu telah mengibarkan bendera merah-putih dengan latar dasar warna hijau yang tercantum dalam salah satu lagu antara lain: "Dari Barat Sampai ke Timur", "Pulau-pulau Indonesia", "Nama Kamu Sangatlah Masyhur Dilingkungi Merah-Putih. "Itulah makna bendera yang dikibarkan Perguruan Taman Siswa.
Para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia yang berada di negeri Belanda pada 1922 juga telah mengibarkan bendera merah-putih yang di tengahnya bergambar kepala kerbau, pada kulit buku yang berjudul Indonesia Merdeka. Buku ini membawa pengaruh bangkitnya semangat kebangsaan untuk mencapai Indonesia Merdeka.
 Demikian seterusnya pada tahun 1927 berdiri Partai Nasional Indonesia dibawah pimpinan Ir. Soekarno yang bertujuan mencapai kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia. Partai tersebut mengibarkan bendera merah-putih yang di tengahnya bergambar banteng.
 Kongres Pemuda pada tahun 1928 merupakan detik yang sangat bersejarah dengan lahirnya “Sumpah Pemuda”. Satu keputusan sejarah yang sangat berani dan tepat, karena kekuatan penjajah pada waktu itu selalu menindas segala kegiatan yang bersifat kebangsaan.
Pada kongres tersebut untuk pertama kalinya digunakan hiasan merah-putih tanpa gambar atau tulisan, sebagai warna bendera kebangsaan, dan untuk pertama kalinya pula diperdengarkan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".
 Pada saat Kongres Pemuda berlangsung, suasana merah-putih telah berkibar di dada peserta, yang dibuktikan dengan panitia kongres mengenakan “kokarde” (semacam tanda panitia) dengan warna merah-putih yang dipasang di dada kiri. Demikian juga pada anggota padvinder atau pandu yang ikut aktif dalam kongres menggunakan dasi berwarna merah-putih. Kegiatan pandu, suatu organisasi kepanduan yang bersifat nasional, menunjukkan identitas kebangsaan dengan menggunakan dasi dan bendera merah-putih.
Pengibaran bendera merah-putih dan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dilarang pada masa pendudukan Jepang, karena ia mengetahui pasti bahwa hal tersebut dapat membangkitkan semangat kebangsaan yang nantinya menuju pada kemerdekaan. Kemudian pada tahun 1944 lagu "Indonesia Raya" dan "Bendera Merah-Putih" diizinkan untuk berkibar lagi setelah kedudukan Jepang terdesak. Bahkan pada waktu itu pula dibentuk panitia yang bertugas menyelidiki lagu kebangsaan serta arti dan ukuran bendera merah-putih.
Detik-detik yang sangat bersejarah adalah lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Setelah pembacaan teks proklamasi, baru dikibarkan bendera merah-putih, yang kemudian disahkan pada 18 Agustus 1945. Bendera yang dikibarkan tersebut kemudian ditetapkan dengan nama Sang Saka Merah Putih.
Kemudian pada 29 September 1950 berkibarlah Sang Merah Putih di depan Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa Indonesia oleh badan dunia.

Tornado Terdasyat Dalam Sejarah


Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.



Tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.



Berikut Tornado terdasyat yang tercatat dalam sejarah.



1. Tri-State Tornado – 18 Maret 1925



Selama lebih dari tiga setengah jam, Tri-State Tornado menjadi tornado paling mematikan yang merobek-robek daratan utama AS. Tornado ini membunuh 700 orang dan menghancurkan lebih dari 15.000 ribu rumah di wilayah Illinois, Indiana, dan Missouri. Setelah bencana ini, pemerintah setempat mulai mengembangkan sistem peringatan tornado yang diharapkan dapat menekan angka kematian jika bencana kembali datang.



2.Natchez Tornado (7 mei 1840)





Badai ini terjadi pada 7 Mei 1840, Natchez tornado mendarat di Concordia Parish, Louisiana, dan Adams County, Mississippi. Sebagian besar kematian terjadi di Sungai Mississippi, sejak tornado dilacak untuk beberapa waktu langsung di atas sungai. Korban tewas akibat tornado diprediksi lebih banyak daripada yang terdaftar secara resmi, karena banyak orang yang tewas sulit ditemukan. Tercatat 269 orang tewas di Sungai dan 100 orang diladang pertanian. kerugian mencapai $ 1.260.000.



3.St.Louis Tornado (27 mei 1896)





St.Louis Tornado (27 mei 1896) menjadi salah satu paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat, mendarat sekitar 6 mil sebelah barat Jembatan Eads di St Louis. Dari ujung barat laut Tower Grove Park, kombinasi kompleks tornado dan downburst melebar ke lebih dari satu mil dan pindah ke timur.Tornado ini menyapu seluruh rumah, pabrik, salon-salon, rumah sakit, pabrik, kereta api meter, gereja, dan menyebabkan total lebih $ 10.000.000 pada kerusakan tersebut. korban tewas sebanyak 137 jiwa.



4.The Tupelo Tornado(5 april 1936)




Tupelo Tornado muncul di dekat Coffeeville, Yalobusha County. tornado Itu meratakan ratusan rumah dan membunuh seluruh keluarga. Sebuah gedung bioskop berubah menjadi sebuah rumah sakit dengan mesin popcorn digunakan untuk mensterilkan instrumen. Seratus lima puluh mobil kotak dibawa dari kota untuk melayani sebagai perumahan sementara, diperkirakan 233 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka, kerugian ditaksir $ 3.000.000.



5.The Gainesville Tornado(6 april 1936)




Sepasang tornado besar pindah ke timur-timur laut melalui pusat kota Gainesville, Georgia. Sekitar 750 rumah hancur dan 254 rusak parah. Kerusakan mencapai $ 12.500.000. Korban tewas terbesar terdapat di sebuah gedung tunggal terjadi di Pabrik Celana Cooper. Gedung bertingkat, ramai dengan pekerja muda, runtuh dan terbakar, menewaskan sekitar 70 orang. Pada waktu itu 203 orang korban tewas yang tercatat, masih 40 orang hilang. Di pusat kota, beberapa bangunan hanyut, sebagian tempat multi bisnis dan pabrik-pabrik tumbang dan runtuh.



6.Woodward Tornado(9 april 1947)



Pada Woodward tornado menewaskan sedikitnya 107 orang, sebagian besar di bagian utara kota, di mana sekitar 1.000 orang terluka, dan ratusan orang tewas. lebih dari 100 blok kota hancur, dan lebih dari 1000 rumah rusak atau hancur. Kerusakan dua mil lebar dan kerugian mencapai lebih dari $ 6.000.000.



7.The Amite/Pine/Purvis Tornado (24 april 1908)



Diperkirakan 55 lebih orang tewas dan 400 orang terluka, sebagian besar kota Purvis diratakan dengan tanah. Hanya tujuh dari 150 rumah di kota dilaporkan berdiri, kerugian mencapai lebih dari US $ 500.000.



8.New Richmond Tornado(12 juni 1899)


New Richmond Tornado di Wisconsin dimulai sebagai sebuah puting beliung di Danau St Croix, kemudian pindah ke arah timur laut New Richmond. Tornado ini melewati tengah alun kota, puing-puing reruntuhan yang beterbangan menyebabkan puluhan orang tewas. Lebih dari 300 gedung rusak dan hancur barantakan kerugian mencapai US $ 300.000.


9. Flint Tornado(8 juni 1953)



The Flint Tornado menghancurkan rumah-rumah di kedua sisi Coldwater Road dan membunuh beberapa anggota keluarga paling sedikit 20 keluarga di Michigan dan 100 orang lebih diperkirakan tewas. kerugian mencapai $ 19.000.000.



10.Waco Tornado (11 mei 1953)





Sekitar 200 bangunan usaha hancur dan 400 rusak. Kerusakan paling dipublikasikan adalah bangunan bata besar di pusat kota, terutama runtuhnya sebuah toko furnitur enam lantai. Bata dari toko memenuhi jalan hingga kedalaman lima meter. Sekitar 150 rumah hancur dan 700 rusak. Lebih dari 2000 mobilpun ikut rusak , kerugian di perkirakan mencapai $ 41.000.000.

Menjaga Kondisi Mobil Selalu Prima

Kondisi mobil tidak semata-mata ditentukan usia kendaraan, tetapi juga kemampuan pemilik dalam melakukan perawatan. Perawatan yang baik dan benar akan membuat seluruh komponen kendaraan berfungsi secara optimal.

Penggantian oli secara teratur adalah salah satu cara untuk mempertahankan kondisi mobil agar tetap prima. Hal ini perlu diperhatikan karena jika oli sudah terlalu jenuh maka kerja mesin tidak akan maksimal. Apalagi jika Anda sering melintasi jalur padat kendaraan sehingga penggantian oli sebaiknya dilakukan lebih cepat.

Selain mengganti oli, sebaiknya juga melakukan parawatan rutin minimal satu minggu dua kali seperti halnya memeriksa air radiator, oli mesin, oli power steering, oli transmisi, dan minyak rem.

Kaca mobil merupakan salah satu bagian yang membutuhkan perhatian selain mesin dan bodi mobil. Sayangnya, kaca mobil kerap kali luput dari perhatian pemiliknya sehingga bagian ini terlihat kotor. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kotoran akan menumpuk dan susah untuk dibersihkan dan bisa mengundang jamur.

Tidak terlalu sulit untuk menjaga kaca mobil tetap dalam kondisi baik. Luangkan sedikit waktu untuk membersihkan kaca mobil dengan air bersih dan sedikit sabun. Gunakan kain microfiber atau kain yang tidak berserat. Hindari penggunaan kain berserat karena dapat membuat kaca tergores dan meninggalkan jejak kain.

Untuk membersihkan kaca mobil yang telah dilapisi kaca film V-Kool®, gunakan air hangat yang diberikan sedikit sabun lembut, lalu keringkan dengan kain microfiber. Jangan gunakan pembersih yang mengandung amonia atau alkohol.

Sebagai langkah perawatan, hindari memarkir mobil di bawah terik matahari dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kaca sehabis mobil digunakan agar kaca tetap bersih.

Kabin kendaraan bisa rusak dan memudar ketika terpapar sinar ultra-violet sinar matahari. Kaca film teknologi tinggi V-Kool® akan membuat interior mobil terlindungi dari paparan sinar matahari yang merusak.

Sinar ultraviolet adalah cahaya yang bisa membuat interior mobil yang terbuat dari kulit menjadi pecah-pecah, mengakibatkan kabin mobil memudar warnanya dan yang paling berbahaya adalah, bahwa hal itu dapat menyebabkan kanker kulit.

V-Kool® mengurangi panas sinar matahari sambil tetap memungkinkan masuknya cahaya alam secara maksimum. Secara kuantitatif, ia menolak 94 persen panas sinar infra-merah dan menolak lebih dari 99 persen sinar ultraviolet yang merusak. Pada waktu bersamaan, V-Kool® memungkinkan kaca kendaraan Anda tetap bening karena mentransmisikan lebih dari 70 persen cahaya.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan benar dan dilakukan secara rutin, otomatis membuat mobil Anda berada dalam kondisi prima.
Oleh karena itu, jangan pernah malas membaca buku pedoman pemilik kendaraan yang biasa didapat saat membeli mobil baru.

Mau Ban Mobil Awet, Ikuti Cara Ini

Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang memiliki fungsi untuk menyangga beban, meredam guncangan, memindahkan gaya dorong kendaraan, pengereman, dan kontrol arah kendaraan.

Memiliki fungsi yang begitu banyak membuat ban perlu mendapatkan perawatan khusus. Tapi, tak jarang, pengemudi justru tidak mengetahui gejala-gejala kerusakan ban.

Jika ini dibiarkan, tentu akan mengganggu performa berkendara. Lebih fatalnya lagi bisa menyebabkan kecelakaan. Berikut tips jitu merawat ban dari Toyota Astra Motor (TAM):

Pertama, periksa tekanan angin (sedikitnya satu kali sebulan). Lakukanlah apabila ban terlihat kempes atau tekanan ban berlebih, terutama bila akan bepergian jauh. Sesuaikan tekanan ban dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

Kedua, periksa kedalaman alur ban. Caranya melalui petunjuk keausan ban yaitu rusuk melintang pada dasar alur telapak, tinggi umumnya 1,6 mm, ditandai dengan simbol segitiga atau tulisan TWI (Tread Wear Indicator) pada dinding samping bagian atas. Segera ganti ban jika indikator TWI sudah terlihat.

Ketiga, balancing dan spooring. Vibrasi atau gangguan pada kendaraan dapat disebabkan karena ketidakseimbangan. Penyelarasan ban bertujuan agar tidak terjadi getaran pada kendaraan.

Keempat, lakukan rotasi berkala (setelah pemakaian 10 ribu km). Hal ini agar ban memiliki umur pemakaian yang sama dan mencegah keausan tidak merata.

Kelima, periksa kondisi tutup pentil. Lihatlah apakah pentil sudah tertutup atau belum. Tutup pentil berfungsi mencegah keluarnya udara dan menjaga tekanan angin tetap stabil.

Keenam, periksa kondisi pelek. Pastikan pelek tidak rusak (retak, berubah bentuk atau berkarat). Kerusakan pada pelek dapat menyebabkan ban menjadi rusak. Gunakan cairan pelumas untuk memudahkan pemasangan ban ke pelek.

Ketujuh, perhatikan beban muatan kendaraan. Ban lebih cepat aus bila mengangkut beban lebih dari yang disarankan.

Terakhir, berhati-hatilah dalam memilih jalan.
Bagian telapak ban dilapisi kawat baja agar tetap kuat dan tahan terhadap tusukan. Bagian samping ban tidak dilapisi kawat baja, karena dapat membuat ban menjadi kaku dan keras.

Untuk diketahui, permukaan jalan yang kasar lebih mudah mengikis telapak ban. Selain itu, saat melewati jalan berlubang, gunakanlah bagian telapak ban dan usahakan untuk tidak membelok (menghindar) tiba-tiba agar ban terhindar dari benturan samping.

Contoh kerusakan ban yang sering terjadi:

1. Shock CBU (Casing Break Up). Ban terbentur dengan keras, karena jalan yang rusak atau pengemudi yang kasar dapat membuat terputusnya benang-benang pada sisi samping ban. Kerusakan ditandai dengan dinding ban menggelembung.

2. Kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan dan pelepasan ban dari pelek. Pemasangan dan pelapisan ban dapat menyebabkan kawat bead patah bila kondisi tekanan angin berlebih.

3. Kerusakan yang disebabkan terpotong pada dinding samping. Ban sobek dapat disebabkan oleh benda tajam atau benda keras.

4. Kerusakan yang disebabkan kurangnya tekanan angin ban. Dinding menjadi terkikis akibat tekanan angin ban tidak sesuai dengan beban yang dimuat.

10 Film Indonesia Terbaik Sepanjang Sejarah Perkembangan Perfilman Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia perfilman adalah bisnis paling produktif sepanjang masa, setiap hari pasti ada ribuan film yang diterbitkan di dunia ini dengan jutaan penonton. bagaimana dengan perkembangan dunia perfilman Indonesia? simak berikut ini film terbaik Indonesia depanjang dejarah yang menjadi awal dari kebangkitan film Indonesia.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi (2008) adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza yang dirilis pada 25 September 2008 dan merupakan adaptasi dari novel karangan Andrea Hirata, pada saat libur Lebaran. Skenarionya ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis naskahfilm Ayat-Ayat Cinta dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Hingga Maret 2009, Laskar Pelangi telah ditonton oleh 4,6 juta orang. Themesongnya (by Nidji) pun sampai sekarang masih menjadi Lagu yang laris di Indonesia.

2. Film Tjoet Nja’ Dhien (1986)

Sebuah masterpiece ! Tak ada yang menyangkalTjoet Nja’ Dhien (1986) dibilang begitu. Film debut penyutradaraan Eros Djarot itu butuh waktu dua tahun buat menyelesaikannya. Pemeran utamanya,Christine Hakim jadi legenda hidup gara-gara film ini. Berkat Tjoet Nja’ Dhien, setiap aktris muda pasti menyebutnya sebagai panutan atau bintang idola. Tak ada yang menyangkal pula, sebagai Tjoet Nja’ Dhien, Christine berakting sempurna. Tak cuma Christine saja yang serba bagus di film ini. Filmnya sendiri, sebagai sebuah kesatuan karya sinema, nyaris tanpa cacat (diganjar 8 Piala Citra di FFI 1988). Tjoet Nja Dhien tak berisi uraian biografis kehidupan pahlawan dari Tanah Rencong itu. Melainkan juga berisi drama, pengkhianatan, dan kebesaran jiwa. Tak aneh rasanya kalau Tjoet Nja’ Dhien merupakan puncak pencapaian dunia perfilman kita yang belum terlewati hingga kini.

3. FILM NAGA BONAR (1986)

Lewat Naga BonarAsrul Sani lagi-lagi membuktikan bakat besarnya sebagai salah satu penulis cerita terbaik yang pernah dipunyai negeri ini. Asrul piawaimenghadirkan dialog yang memicu tawa, yang begitu dipikir lebih dalam ternyata mengandung makna luhur.Naga Bonar hadir buat berkelakar. Namun, ia tak berkelakar sembarangan. Yang jadi bahan kelakar justru pejuang negeri saat perang kemerdekaan berlangsung. Naga Bonar menyindir pemujaan pada para pahlawan. Film ini berpesan, tak semua pejuang di masa lampau itu punya niat suci membela negeri. Ada yang cuma bisa bicara saja. Nah, Jenderal Naga Bonar (diperankan dengan gemilang oleh Deddy Mizwar) pun aslinya pencopet. Tapi dari sosok inilah kemurnian perjuangan lahir. Sebagai karya sinemaNaga Bonar tampil lengkap, berisi sekaligus menghibur; tergarap dengan baik, tanpa cacat cela. Pantas rasanya bila film ini memborong 7 Piala Citra di FI 1987.

4. FILM ADA APA DENGAN CINTA? (2001)

Ada Apa dengan Cinta? (AAdC?) jadi salah satu film penting negeri ini. Melahirkan tren yang sudah lama hilang dari jagad sinema kita: film bertema remaja. Selepas AAdC? lahir film-film bertema sejenis. Tren itu juga merambah ke teve. Sejak AAdC?, datang berduyun-duyun sinetron bertema remaja. Rasanya, sejak Gita Cinta dari SMA (1979) dulu baru ada lagifilm Indonesia yang begitu digandrungi remaja. AAdC? tak kurang ditonton sekitar 2,7 juta orang di bioskop. Rudi Soedjarwo, sang sutradara, begitu lancar bertutur (Rudi dapat Piala Citra di FFI 2004).

 

5. FILM KEJARLAH DAKU KAU KUTANGKAP (1985)

Film baik tak lekang dimakan zaman. Bertahun-tahun selewat peredarannya, film itu masih asyik buat ditonton. Nah, Kejarlah Daku Kau Kutangkap tipe film seperti itu. Penonton tak sekadar diajak tergelak. Semua ini berawal dari skenario cerdas yang dibuat Asrul Sani, pengarahan kuat dari Chaerul Umam, sang sutradara, yang digenapi akting prima dari Deddy MizwarLydia KandouUlly Artha, dan Ikranegara. Hasilnya, film ini layak ditasbihkan sebagai situasi komedi terbaik yang pernah dihasilkan sineas kita. Asrul berhasil membuat kelakar jenius tentang hubungan pria dan wanita. Dalam film ada hubungan Ramadhan (Deddy) dan Mona (Lydia) yang berkisar antara cinta dan benci, cinta dan gengsi, hingga cinta akhirnya mengalahkan segalanya.

Rally Unik Keliling Kota Ala ASCO & AXIC

ASCO Automotive Daihatsu sebagai dealer resmi Daihatsu di Indonesia, bekerja sama dengan komunitas AXIC (Avanza-Xenia Indonesia Club), menggelar ASCO AXIC VIP Fun Rally.

Fun Rally ini diikuti 200 peserta yang terdiri dari komunitas pelanggan ASCO dan juga AXIC. Mengambil start di kawasan Kuningan Jakarta Selatan dan finish di Mall Bekasi Cyber Park. Dalam rally ini peserta akan dinilai berdasarkan kemampuan dalam menyelesaikan teka-teki dan rintangan, serta juga ketaatan pada rambu lalu lintas sesuai dengan kampanye safety driving.

"Acara ini bertujuan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan ASCO Automotive dan komunitas AXIC. Selain itu, juga untuk lebih memperkenalkan ASCO Automotive kepada masyarakat sebagai penyedia layanan jual dan purna jual Daihatsu," kata Managing Director ASCO Automotive Audy The Khe Po dalam keterangan pers, Senin 30 April 2012.

Selain Fun Rally, juga diadakan bazaar yang diikuti banyak perusahaan seperti leasing, asuransi, velg, audio serta pelumas. Yang terpenting adalah pelatihan teori dan praktek cara berkendara ekonomis serta safety yang diberikan oleh RDC Driving.

Promo yang diberikan ASCO pada acara ini, setiap pembelian satu unit Daihatsu, akan diberikan secara gratis TV di headrest yang akan langsung dipasang. Juara pertama rally ini mendapatkan satu unit Samsung Galaxy Tab dan juga uang tunai sebesar Rp1 juta.

5 Hewan Kloning yang Menyulut Kontroversi

Kloning telah mengalami kemajuan pesat selama 15 tahun terakhir yang dimulai dari domba yang dinamakan Dolly hingga seekor kuda bernama Prometea.


Dolly, Kloning Domba Pertama - Foto: Wikimedia

Sekalipun demikian, masalah etika serta akibat yang ditimbulkan dari hal itu menjadi bahan perdebatan sengit. Berikut ini merupakan 5 hewan hasil kloning yang dianggap menyebabkan kontroversi menurut Nick Collins seorang jurnalis Telegraph.


1. Domba Bernama Dolly
Kehadiran Dolly merupakan peristiwa penting dalam teknologi genetika yang menunjukkan bahwa para ilmuwan bisa membalikkan waktu selular dengan mengkonversi sel domba dewasa menjadi embrio yang kemudian tumbuh menjadi domba baru.

Kelahirannya menyulut perdebatan sengit tentang etika dan akibat kloning. Seorang penulis mengklaim bahwa Dolly “menatap anda dengan kedua mata merahnya yang penuh kebencian”.

Sanggahan etika yang menentang kloning hewan diperkuat ketika domba tersebut dikritik pada tahun 2003 setelah mengidap penyakit paru-paru. Hewan tersebut ditimpa dengan masalah-masalah kesehatan juga menderita karena artritis prematur.

2. Tikus Bernama Cumulina
Cumulina merupakan yang pertama dari 50an tikus identik sepanjang tiga generasi yang dibuat di Universitas Hawai pada tahun 1998.

Hewan kloning tersebut dinamakan Cumulina karena dia dibuat dari DNA sel-sel kumulus yang mengelilingi telur yang sedang berkembang pada indung telur tikus betina.

Cumulina merupakan hewan pertama yang dikloning dari sel-sel dewasa yang bertahan hingga masa dewasa dan menghasilkan dua seperindukan sehat.

3. Gaur (Bos Gaurus) Bernama Noah
Noah hewan gaur (spesies dari Asia Tenggara yang mirip bison), merepresentasikan percobaan pertama yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengkloning hewan yang terancam punah.

Para ilmuwan di Amerika berharap bisa mengambil langkah besar dalam upaya melindungi spesies yang terancam punah dengan melahirkan kloningan gaur di sebuah peternakan di Iowa.

Namun Noah mati sesaat setelah lahir pada tahun 2001.

4. Kucing Bernama CC
CC atau Carbon Copy yang lahir pada tahun 2001 merupakan hewan peliharaan pertama yang dikloning.

Para ilmuwan berharap bahwa menciptakan carbon copy kucing bisa menawarkan jutaan pemilik piaraan kesempatan untuk membangkitkan hewan peliharan kesayangan keluarga.

Namun walaupun Rainbow yang merupakan kucing orisinil bertubuh gemuk dan memiliki warna putih dengan bintik-bintik coklat, coklat muda dan keemasan, CC bertubuh ramping dengan warna putih dan belang abu-abu. Lebih lagi, kedua kucing tersebut memiliki sifat berbeda, Rainbow pendiam tapi CC suka bermain.

5. Sapi Bernama Vandyk-K Integ Paradise 2
Hewan ini merupakan salah satu dari tiga yang dikembangkan dari sel-sel yang diambil dari sapi yang memenangkan berbagai perlombaan bernama Vandyk K Integ Paradise di Amerika. Embrio-embrio yang dibekukan dari kloning tersebut ditanamkan pada induk-induk pengganti di Inggris.

Vandyk-K Integ Paradise 2 menjadi pusat pembicaraan ketika daging dari keturunan kloning tersebut masuk pasaran.

Kampanye Safety Riding Ala Club Harley

Komunitas pecinta dan pendukung Harley-Davidson di Jakarta, Harley Owners Group (H.O.G.) melakukan pelatihan Safety Riding di kalangan Harley owners di lapangan Parkir Polda Metro Jaya, Minggu 22 April 2012.

H.O.G. Jakarta Chapter merupakan bagian dari komunitas pecinta dan pendukung Harley-Davidson di Jakarta yang turut menandatangani Piagam Dukungan Aksi Bersama Safety Riding First dalam acara Jakarta Bikers Crowd 2012 di kawasan Rasuna Epicentrum, Jakarta, minggu lalu.

Kegiatan H.O.G. Jakarta Chapter ini seiring dengan 'Decade of Action for Road Safety' secara global dan Aksi Keselamatan Jalan Indonesia 2011-2020.

Director H.O.G. Jakarta Chapter, Huda N Subarkah mendukung penuh upaya mengutamakan keselamatan berkendara dengan menyelenggarakan pelatihan Safety Riding bagi para pemilik motor besar Harley-Davidson.

"Dengan adanya pelatihan Safety Riding ini, pemilik Harley dapat mengendarai Harley dengan baik dan benar, aman dan nyaman,” kata Huda di sela-sela acara pelatihan Safety Riding, Minggu 22 April 2012.

Sekjen H.O.G. Jakarta Chapter, Sahat Manalu, mengharapkan keterlibatan peran strategis seluruh media massa nasional dan menyebarluaskan," Kami mendukung aksi Safety Riding First kepada seluruh pemilik kendaraan bermotor sehingga kejadian kecelakaan di jalan raya semakin berkurang,” kata Sahat.

Dengan mengutamakan keselamatan berkendara atau Safety Riding First, maka seluruh bikers dan komunitas pencinta serta pendukung Harley-Davidson telah berperan dan turut serta mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan.

13 Fitur Keren Google Chrome

Google Chrome sebagai browser yang Minimalis dengan beragam fitur yang dimiliki, dan ekstensi yang banyak, telah menjadikan browser ini memiliki banyak peminat dan pengguna.

Tapi, tahukah kamu? Sebenarnya browser Chrome memiliki banyak fitur keren yang kamu tidak ketehaui. Jika kamu sudah tahu akan fitur-fitur ini tentu akan membuat pengalaman browsingmu lebih menarik dan mudah ketimbang menggunakan browser lain.

Berikut beberapa fitur keren yang mungkin kamu tidak ketahui.

1. Pin Tab 



Kegunaanya untuk memisahkan tab antara tab yang sering dibuka/dilihat dengan yang tidak. Untuk mengguanaknnya cukupkanan pada tab yang terbuka, tekan "Pin Tab" dan tab mengkonversi menjadi favicon dan secara otomatis akan bergeser ke kiri.


2. Paste and Go / Paste and Search. 


Jika kamu menyalin setiap URL dan berniat untuk mengunjungi situs di Chrome, maka daripada melakukan Ctrl V dan Enter pada address bar, kamu bisa klik kanan dan klik "Paste and Go" ["Tekan dan buka"]. Sama untuk teks yang ingin melakukan pencarian berdasarkan teks menggunakan address bar Chrome. Klik kanan dan "Paste and Search" ["Tekan dan telusur"]. Tentu fitur ini dapat menghemat waktu.

3. Drag dan Drop Download. 


Kamu dapat dengan mudah menyeret download file dari Chrome ke desktop atau folder lain di komputer. Itu berarti, mulai sekarang, tidak perlu pergi dan mengubah lokasi download setiap kali kamu ingin file yang akan didownload di tempat terpisah selain desktop (atau download folder).

4. Resources Page 


Bagian Resources Page ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser. Seperti yang Anda lihat dalam gambar di atas, ada berbagai pilihan yang tersedia untuk mengeksplorasi. Cukup tekan Ctrl+Shift+I.

5. Task Manager. 


Chrome memperlakukan setiap tab sebagai proses terpisah sehingga jika salah satu dari mereka mulai mengalami masalah [crash], dapat ditutup atau dapat dicegah. Ia menawarkan built-in task manager untuk membiarkan kamu melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab. cukup klik Tools [Alat] > Task Manager atau dengan menekan Shift+Esc.

6. Perhitungan Cepat Hasil dari Address Bar. 


Melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di addres bar, seperti kalkulator, ketik saja misal 12*50 di addres bar dan tunggu sebentar. Hasilnya akan muncul secara otomatis.