Minggu, 10 Juni 2012

Apa yang Menyebab Timbulnya Bayangan?


Bayangkan seorang pengembaran di padang pasir, yang sedang sekarat karena kehausan. Ia memandang ke kejauhan dan melihat suatu bayangan sebuah danau yang mempunyai air yang jernih dikelilingi oleh pohon-pohon. Ia berjalan terhuyung-huyung sampai bayangan itu menghilang dan tidak ada sesuatu pun selain pasir yang panas di sekitarnya.


Danau yang ia lihat dikejauhan adalah bayangan. Apa yang menyebabkannya? Bayangan adalah suatu tipuan yang dimainkan oleh Alam di depan mata kita akibat dari keadaan-keadaan tertentu di udara. Pertama-tama kita harus memahami bahwa kita dapat melihat suatu obyek karena sinar-sinar dipantulkan dari obyek itu ke mata kita. Biasanya sinar-sinar ini mencapai mata kita dalam garis lurus. Jadi jika kita memandang kekejauhan, kita hanya melihat hal-hal yang ada di atas cakrawala kita.
Sekarang kita beralih kepada tipuan-tipuan yang dimainkan udara dengan sinar-sinar. Di padang pasir, ada suatu lapisan udara yang tebal di atas tanah yang bertindak sebagai cermin. Suatu obyek ini mengenai lapisan udara yang padat ini, sinar-sinar itu dipantulkan ke mata kita dan kita melihat obyek itu seolah-olah berada di atas cakrawaka dab terlihat oleh kita. Sebenarnya kita "melihat" benda-benda yang tidak dapat dilihat oleh mata kita! Ketika langit yang jauh dipantulkan oleh "cermin" udara ini, langit kadang-kadang tampak seperti sebuah danau, dan kita melihat bayangan.
Pada suatu hari yang panas, pada waktu kamu mendekati puncak sebuah bukit, mungkin kamu akan berpikir bahwa jalan di depannya itu basah. Ini juga bayangan! Yang kamu lihat adalah cahaya dari langit yang telah dibengkokkan oleh udara panas tepat di atas trotoar sehingga hal ini tampaknya berasal dari jalan itu sendiri.
Bayangan juga terjadi di laut, dengan bayangan-bayangan kapal-kapal yang sedang berlayar melintasi langit! Dalam hal ini, ada udara dingin dekat air dan udara panas diatasnya. Kapal-kapal yang jauh, yang berada jauh di cakrawala, dapat dilihat karena gelombang-gelombang cahanya yang berasal dari kapal-kapal itu dipantulkan oleh lapisan udara yang panas dan kita melihat kapal itu di langit!
Salah satu dari bayangan-bayangan yang sangat termashur di dunia terjadi di Sisilia, di sepanjang Selat Messina. Kota Messina dipantulkan di langit, dan lembu-lembu khayal tampak mengapung di udara. Orang-orang Italia menyebutnya Fata Morgana, menurut nama Morgam Le Fay, yang dianggap sebagai peri jahat yang menyebabkan bayangan ini.

0 komentar:

Posting Komentar