Minggu, 10 Juni 2012

Daftar Bahasa Dunia yang Menjadi Bahasa Resmi Internasional oleh PBB

Dari begitu banyak bahasa yang digunakan oleh penduduk dunia, ada beberapa bahasa yang dijadikan sebagai bahasa internasional yang resmi diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Bahasa tersebut dipilih berdasarkan pada jumlah banyaknya pengguna bahasa tersebut serta kepopuleran bahasa tersebut. Semakin banyak pengguna suatu bahasa serta semakin penting bahasa tersebut, maka bisa saja menyusul ke dalam daftar bahasa resmi dunia internasional tersebut.
Daftar Bahasa Resmi Internasional :
1. Bahasa Inggris
2. Bahasa Arab
3. Bahasa Mandarin
4. Bahasa Spanyol
5. Bahasa Rusia
6. Bahasa Perancis
Daftar Bahasa yang Diusulkan Menjadi Bahasa Resmi Dunia :
1. Bahasa Portugis
2. Bahasa Bengali
3. Bahasa Turki
4. Bahasa Hindustani (hindi-urdu)
5. Bahasa Esperanto
Walaupun demikian, tetap bahasa internasional dunia yang paling sering digunakan adalah bahasa inggris (english), sedangkan yang lain jarang dipakai. Orang yang tidak menguasai salah satu dari enam bahasa resmi yang diakui PBB lebih suka belajar bahasa inggris daripada bahasa mandarin, arab, spayol, rusia atau prancis.
Bahasa Indonesia tidak termasuk karena tidak populer. Orang indonesia sendiri kebanyakan tidak menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari sehingga pengguna bahasa indonesia sulit dihitung. Bahasa daerah seperti bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak, bahasa minang, bahasa betawi, dan lain-lain masih umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam daftar bahasa yang paling banyak dipakai penduduk planet bumi, bahasa indonesia digabung sebagai bahasa melayu dengan jumlah pengguna kurang lebih 37 juta orang.

0 komentar:

Posting Komentar