Minggu, 15 April 2012

Plugin Al-Quran For MS-Word ver 1.3

Bulan Ramadhan memberi pengaruh baik terhadap segala hal sedemikian rupa sehingga semua kegiatan bernuansa Islami, tidak terkecuali dalam dunia per-blog-an. Sehubungan dengan hal itu, bagi blogger yang mungkin membutuhkan kutipan ayat-ayat suci Al-quran baik untuk postingan blog maupun untuk kepentingan lain, Anda dapat menginstall Plugin Al-Quran For MS-Word versi 1.3 di komputer Anda. Plugin hasil karya Muhamad Taufik asal Depok ini men-support terhadap banyak bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia.
Plugin Al-Quran For MS-Word ver 1.3 ini dapat berjalan di MS-Word 2000, MS-Word XP (2002), MS-Word 2003, dan MS_Word 2007 namun kita yang mempunyai MS-Word 1997 harus menahan kecewa. Dengan besar file 1 MB-an, Anda dapat mendownloadnya di http://myquran.org/msword/.
Setelah berhasil mendownloadnya, lakukan ekstrak terlebih dahulu karena file-nya dalam bentuk *.zip. Dan pada saat menginstall-nya, sebaiknya Anda tidak membuka MS-Word terlebih dahulu.
Setelah berhasil diekstrak, klik double pada file SetupQuranInWordInd1.3 hingga Anda berhasil melakukan install dengan sukses.
Setelah berhasil melakukan installasi, silakan sekarang dibuka MS-Word-nya dan pastikan Anda mendapati menu Al-Quran berada di sebelah kanan menu Help. Jika belum ada, silakan dicoba untuk melakukan restart komputer atau laptop Anda.
Untuk mendapatkan kutipan ayat atau surat Al-Quran, klik menu Al-Quran tersebut kemudian pilih submenu yang ada dengan keterangan sebagai berikut.
Get Arabic+Translation >> ayat atau surat Al-Quran beserta terjemahan
Get Arabic >> untuk ayat atau surat Al-Quran saja
Get Translation >> untuk terjemahan saja
Sebagai contoh, jika kita ingin mendapatkan kutipan ayat atau surat beserta terjemahan, lakukan klik menu Al-Quran >> Get Arabic+Translation >> hingga kita akan mendapati jendela “Choose Surah & Ayah”, seperti di bawah ini.
  • Surat >> untuk opsi surat yang dapat kita pilih
  • Ayat >> kita dapat mengambil beberapa atau semua ayat dari surat yang dipilih
  • Font Size >> ukuran atau besar huruf
  • Unicode >> tampilan huruf yang unik dan lebih kecil
  • New Line >> ganti baris untuk setiap ayat
  • Switch >> setiap baris ayat diikuti dengan terjemahannya
  • Selanjutnya, silakan dicoba sendiri, ya!!

0 komentar:

Posting Komentar