Jumat, 13 April 2012

Sosok Guru Ideal Menurut Siswa

Guru ideal adalah sosok yang senantiasa menjadi dambaan peserta didik, menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan. Guru ideal adalah yang menguasai ilmunya dengan baik sehingga mampu mengelola pembelajaran yang bermakna. Dia disukai oleh murid-muridnya karena cara mengajarnya menarik dan mudah dipahami. Dia pun terbuka menerima kritikan dari peserta didiknya, karena dari kritik itulah dia belajar dari para peserta didiknya. Dari mereka guru dapat mengetahui kekurangan cara mengajarnya, dan melakukan umpan balik (feedback).
Salah seorang guru SMP Negeri 6 Sengkang, Muhammad Tahir, S.Pd., melakukan research lapangan. Dengan mengambil 100 siswa sebagai responden, mencoba menjajaki pendapat siswa tentang guru ideal. Para responden terdiri dari kelas VII, VIII dan IX diminta menuliskan ciri-ciri guru ideal. Data yang terkumpul kemudian disortir, pernyataan yang sama atau memiliki kemiripan disatukan, dan keluarlah karakteristik guru ideal menurut pandangan siswa. Untuk menjaga orisinalitasnya, kata-kata tersebut ditampilkan sesuai aslinya dan diurut berdasarkan frekuensi jawaban siswa. Dan inilah pendapat mereka tentang sosok guru ideal :
1.    Baik hati
2.    Tidak suka marah-marah
3.    Ramah
4.    Murah senyum
5.    Tidak membanding-bandingkan antar siswa
6.    Cara mengajarnya menyenangkan
7.    Tidak pilih kasih
8.    Dapat memberikan materi yang mudah diserap oleh muridnya
9.    Tegas
10.    Humoris/lucu
11.    Disiplin dalam mengajar, tapi tidak membuat siswa tegang
12.    Tidak terlambat masuk mengajar (tepat waktu)
13.    Santai dalam mengajar siswa
14.    Kata-katanya halus, tidak menyinggung
15.    Sabar menghadapi murid yang nakal
16.    Memerhatikan murid-muridnya
17.    Selalu memberikan tugas agar siswa rajin belajar di rumah
18.    Menerima curhat dari siswa
19.    Memberikan kompetensi dasar kepada siswa, agar siswa mengetahui dan mempelajari materi yang akan dipelajari di sekolah
20.    Tidak merokok saat mengajar
21.    Menuntun siswa yang kurang dalam pelajaran
22.    Pintar
23.    Selalu memberikan arahan sebelum dan sesudah mengajar
24.    Senang jika murid bertanya
25.    Pengertian
26.    Beriman
27.    Berwibawa
28.    Membuat siswa menjadi rukun
29.    Mengajar tanpa kata lelah
Data di atas menunjukkan bahwa siswa lebih mengedepankan aspek kepribadian dibanding kemampuan intelegensi. Kriteria guru ideal yang pintar hanya menempati urutan ke-22 (ditulis 2 siswa). Saatnya guru-guru meningkatkan kecerdasan emosionalnya agar dapat menjadi guru ideal bagi siswa, sehingga pada gilirannya tercipta suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar